HERMES CAFE #16: The Red String

5260_135340178048_596153048_2359174_3150085_n“Syahrul si tomat??!!” gw hampir menumpahkan Ice Lemon Tea ke pangkuan salah satu dari mereka (kelak gw tau nama dia Dudu).
“Aaaaaah!!!” Dudu terpekik kaget ketika Ice Lemon Tea hampir menodai rok putihnya.
“Mmmm, maaf mbak…” buru-buru gw membenarkan posisi gelas Lemon Tea -untung gak ada yang tumpah- dan bergegas pergi.
Cewek bernama Asiah -yang dari dulu udah sentimen sama gw- berdiri dan mencengkeram pundak gw dari belakang. “Heh lenje, emang kenapa ama pacar gw si Djawa??”
“Gak kok mbak, gak da apa-apa. Permisi, saya dipanggil sama barista.” Kulihat mbak Menur melambaikan tangannya menyuruh gw untuk segera menghampirinya. Asiah pun melepaskan gw, dan kembali ke tempat duduknya, terdengar kasak-kusuk dari mereka selepas gw pergi, dasar kecimpring!!

“Fyuuuh, makasih mbak.”
“Gapapa, eh tolong ini anterin ke meja delapan.” Mbak Menur menyurungkan segelas Ice Lemon Tea ke arahku.
“Dihh, Tante Eni tuh, udah hampir sejam duduk disitu, baru mulai mesen, lemon tea doang lagih. Masi pake seragam PNS nya lho mbaak, dia emang ga kerja yah?!”
“Mana aku tau, sayang banged yah kita bayar pajak cuma buat ngegaji orang macem dia.”
“Betul mbak!” gw menyambar Ice Lemon Tea dari mbak menur, menaruhnya di nampan, dan mengantarkannya ke meja delapan.

“Ice Lemon Tea!!” setengah berteriak gw memberikan Ice Lemon Tea ke perempuan berusia akhir empat puluhan itu. Tante Eni yang sedari tadi bertampang serius memperhatikan layar monitor tak terkejut. Dia cuma ngeliat gw sebentar dan melanjutkan fokusnya ke layar monitor. Gw menaruh Ice Lemon Tea dekat dengan laptopnya, dan sedikit melirik ke monitor. Waw, tulisan semua! dan ada beberapa gambar bangunan-bangunan tua disitu.
“Masih ada perlu yang lain?” tanya Tante Eni sambil menatap gw tajam.
“Enngg.. Enggak tante. Permisiii….” Buseet galak bener, gw kan cuma mau liat apa yang dia kerjain ampe serius banget gituh.
Gw pergi dari meja delapan menuju meja barista, melewati meja sebelas, ternyata Chicko si vokalis ganteng sudah pergi. Cold Frapachinno-nya sudah habis dan ada selembar uang 50rb tertindih oleh gelas minumannya. Yess!! Rejeki ga jauh kemana.. Dan eh, kain basah berdarah itu masih ada, waduh darah artis nih darah artis!! gw bawa pulang ah buat kenang-kenangan. Hihihi.. Ketika gw akan merapikan kursi meja sebelas, ada selembar foto tergeletak di lantai, kemungkinan besar milik Chicko, gw mengambil foto itu, tampak si vokalis ganteng dicium pipinya oleh seorang cewek. Tapi bukan Tasya, pacarnya, tapi kok gw kayak pernah ngeliat yah?!

“Huahahahaha.. hauhuhuhuhuuhuuu.” Tawa meledak genk kecimpring membuatku mengalihkan pandangan dari foto itu ke arah meja mereka. Wow!!! Gotcha!!! Chicko,, i’ll blackmailing you!!! Hahahaha….

* * * * *

Sore ini cukup rame, meja terisi lebih dari setengahnya, tapi sayang, genk kecimpring ga ada, eh RALAT, tadi ada salah satu diantara mereka, Galuh si penyuka Cold Frappe datang, dia cuma minta dibungkusin Cold Frappe segelas dan nitipin map beserta flashdisk buat seseorang bernama Luckty, “bakalan ada yang ngambil!” katanya. Hugh, sejak kapan gw jadi tempat penitipan barang?? Gw terkantuk-kantuk di samping meja barista, pegel-pegel semua nih badan, udah hampir seminggu gw kerja disini, padahal sebelumnya gw gak pernah ngebayangin bakalan jadi pelayan kafe, semua itu gara-gara bonyok!! hikz.. konci mobil gw ditahan ama mereka dan ga bakalan dibalikin kalo gw gak kerja part-time di liburan semester ini. Hergh…

Oh iyah, terus tadi si salesman, Dan Sapar, tanpa menyerah datang sendirian kesini buat prospek gw lagih, iiih sebel banget deh, ga mungkin lah gw udah charming, putih, mulus, ganteng gini disuruh ikutan kayak gitu? Ahh gw males bintang-bintangan, gw pengen yang langsung kaya aja. lagian dia sendiri tau kan ni hermes cafÈ udah terkenal sekitaran sini? Bahkan temennya yang punya ini nih ya kan temennya artis, trus banyak pejabat datang sini, seniman, dan mungkin sutradara kacangan yang hobi bikin film pendek dengan nama om garis bawah nakal three gp pun suka nongkrong sini. Kali aja gw bisa ketemu yang ga kacangan and bikin yg film-film gede gitu. Dan si MLM-man itu masih mau nawarin saya buat jadi bawahannya dia? Sorry yeee. TApi dia pantang menyerah, untung Galuh Kecimpring dateng, selamet deh gw.

“Vin, vin, meja dua vin.” kata Mbak Menur sambil colek-colek gw.
“Okeh mbak.” Setengah malas gw berjalan kesana. Seorang cewek yang mukanya gak keliatan gara-gara ketutup ama buku menu. Oke lah mari kita sapa….

“Selamat datang… ada yang bisa saya… BAKPIA??” Cewek yang berada di balik menu terkejut. Kampret ni kan si Pia, junior gw yang paling pecicilan n sering gw kerjain?!! Ngapain dia disini?? Anjrit males banged deh kalo ketauan gw kerja disini, masi jadi trainee lagih.
“Ehh,, enngg kak alvin.” muka si Pia pucat pasi
“Ngapain lo disini??!”
“Pesen tiramisu kak.. Eh, sama mau ngambil titipan.”
“Siapa lo? Titipan apaan??”
“Enngg,, kata Mbak Galuh, Kak Alvin dititipin sesuatu yah buat Mbak Luckty.” suara Pia mulai bergetar.
Owww, jadi dia toh yang ngambil.. Hohoho, bisa dimanfaatin nih!!! Kebetulan shift gw selesai bentar lagih. “Okay, tapi lo jangan pulang dulu sampe shift gw slese jam empat!!”
“Mmmh,,, iya deh kak..”
“Bagus, jadi kamu pesen apa tadi? tiramisu? minumnya apa ? susu coklat aja yah??”
Pia mengangguk pasrah. Gw pun berbalik dan pergi meninggalkan dia. Kejem sih, tapi ah mumpung!! hahaha!!

Seseorang melambaikan tangan dari meja sebelah Pia, Mbak Eni ternyata, masi setia di depan laptopnya.
“Ada yang bisa dibantu tante?”. yaa, gw panggil dia tante abisan umurnya bikin dia ga pantes dipanggil Mbak
“Facebookmu apa?”
Appaahh??? seorang ibu-ibu setengah baya menanyakan facebook seorang pemuda di awal duapuluhan???? ini SKANDAL!!!
“Ennngg,,, buat apa tante?”
“Boleh dong, tante punya temen facebook yang cakep kayak kamu, biar seger gitu setiap kali buka facebook.” mata Tante Eni sok-sok sayu menggoda, dan gw pengen muntah!! Gw deg-degan, takut si Pia ngedenger, dan memang Pia ngedenger, dari ekor mata gw, gw ngeliat si Pia lagi cekikikan sendiri.
“Ayo donk mana??!!” sekarang si tante girang itu berani ngelus2 punggung tangan gw. tidakk..
“Mmmaaf mbak, saya belum punya fesbuk, permisiiii…” kata gw sambil kabur cepet-cepet. Gw denger suara tawa Pia meledak di meja sebelah. Awas lo Bakpia!!

“Mbak Menur, nih pesenan si Bakpia.”
“Bakpia sopo toh Vin?”
“Ituh si kampret di meja dua.”
“Hah?! Kampret??!! Ga boleh gitu toh vin ama customer.”
“Huhuhu, iya sih Mbak, abisan tadi aku digodain ama Tante Eni, aku kan maluuuu.”
“Hahaha,, beneran deh tante Eni ngerjain kamu, tuh dia lagi ketawa-ketiwi ama Pia sambil ngeliat kesini.”
Gw berpaling dan melihat mereka yang sedang memandangi gw sambil bisik-bisik n cekikikan sendiri. Kampret!!!
“Mbak, aku bete. Udahan ah, lagian udah jam empat, shift aku udah selesai, ntar suruh yang lain ajah yah nganternya.”
“Okay vin, jangan marah-marah mulu ah, ntar muka kamu keriput loh. Hihihihi”
“Aaah, Mbak Menuuuurrr!!!” Gw langsung masuk ke dalam ruang ganti.

Tumben nih hari ini gw pake Oranye, gara-gara stok kemeja putih gw abis, dan gw dibolehin ama Mbak Ti buat pake seragam kebesaran Cafe Hermes. “Hanya untuk hari ini!!” Gitu pesen Mbak Ti, siap deh mbak, daripada gw ngelayanin customer ga pake baju. Hihihi. Gw ganti baju dengan kaos junkies warna biru muda and celana jeans model hipster. Hmmm lebih nyaman daripada celana katun seragam Cafe Hermes yang cukup ribet ituh.

Gw nunggu Pia keluar di depan Hermes Cafe, oh tuh anaknya muncul.
“BAKPIAAA!!! SINI LO!!”
Lah, dia malah tertegun kaku di depan pintu.
“BAKPIAAAA…. MENDADAK BUDEG APA GIMANA SIH??”
“I.. Iya Kak??” Topi jerami di kepalanya merosot ke kanan dan ke kiri seiring dengan hentakan kakinya.
“Gini ya maniez, udah hampir seminggu ini nyokap gue nyuruh gue kerja di Cafe punya majikan oom gue”. Gw mencoba ngejelasin biar gw gak tengsin-tengsin amat, tapi kok dia mandang gw kayak gitu. “Mata loe nggak usah nyolot gitu donk, kalo gue nggak kerja, konci mobil gue bakal ditahan selamanya sama dia. Enak aja, dipikir gue nggak produktif apa? nggak bisa ngehasilin duit sendiri, fine! gue buktiin gue juga bisa kok kerja!! nggak takut gue, nggak takut!!” Gw terbakar emosi ngeliat ampang dia yang memandang gw dengan polos. Berhubung dia belum ada reaksi, maka gw lanjutin “Nah, berhubung emang sebenernya gue nggak pernah ngerjain yang berat-berat kayak gitu, sekarang badan gue pegel-pegel banget nih, loe pijitin donk.” Lumayan juga nih dipijetin, suruh siapa tadi lo ngetawain gw monyooong!
“Nih, di sini nih…” kata gw lagi sambil nunjuk punggung kanan gw, disitu tuh pusat pegelnya.

“Bakpia!! kenapa bengong? ayo sini, pijetin gue!!” Setdah, otaknya segede biji tomat apa? disuru mijetin aja lama beneer!!
“Oh, iya kak”
Bageus dia mulai bergerak.
“Yang bener mijetinnya. Iyah ituh disituh. Nah, pas tuh, enak-enak, tetep aja disitu jangan pindah-pindah, yah yah, lo pinter juga yah mijet.” Enak juga yah pijetan si Pia inih, huhuhuu.. Eh, tapi gw inget sesuatu!!
“Bakpia!! Lo kok kenal ama si Tante Eni??”
“Baru kenal disitu kak, katanya Tante kasian ngeliat Pia dimarah-marahin ama Kak Alvin, jadi dikerjain deh ama Tante.” Kampret emang bener daah mereka ngerjain gw. Biarin lah, tadi gw juga emang terlalu galak ama Pia.
“Ooh, yayaya.. Trus Luckty tu kakak lo?”
“Betul kak.”
“Sekarang ke pundak deh mijetinnya.” Gile, badan gw pegel bener n Pia ni jago bener mijet. “Lo suka main ama genk kakak lo?”
“Udah sering kak.”
“Kok gw ga pernah liat muka lo?”
“Aku juga ga pernah ngeliat muka Kak Alvin.”
“Eh tunggu dulu, ada satu anggota genk yang mukanya ketutupan buku menu melulu, itu elo yah??”
“Iya kak, abisan aku asik ngeliatin cake baru sih kak.”
“Hahahha,, aduh baju kaos gw jangan ketarik-tarik ke atas dong.”
“Hihihihi, iya kak.. Hihihi.”
“Kenapa lo ketawa?”
“Gapapa kak.”

Drrrrttt… Drrrtttt…. Drrrttttt….

“Kak Alvin aku angkat telvon dulu yaa.” tanpa menunggu persetujuan dari gw, si Bakpia ngangkat telponnya.
“Haloh kak.”
“Iya niy, aku udah mau pulang”
“iyah, satu map ama yu es bi kan?”
“okeh.”
“apah? minta dibawain hot cappucinno?”
“ga ah, Pia ga bawa duid.”
“emang boleh ngutang? bentar ya kak.”
“Kak, kak Alvin, boleh ngutang Hot Cappucinno dulu ga?” Pia mengalihkan suaranya dari telpon.
“Waduh Pi, kalo ini Cafe punya gw juga gw ga bakalan ngutangin ke orang, terutama elo.”
Ekspresi si Pia yang semula sok-imut-riang-gembira berubah menjadi sebel-pengen-ngegampar-gw.
“Gak boleh ngutang kak kata Kak Alvinnya.” Pia kembali berbicara di telepon.
“Ya udah, aku langsung pulang aja yah.”
“iyaaa, daaagh.”

Gw memandangi Pia dengan tatapan sinis. “Emang perlu yah nerima telpon pake nada sok imut gituh?”
“Sok imut? Biasa aja kok kak.”
“Hergh dasar ababil!! Ya udah pulang sanah, gw juga pengen pulang cepet-cepet, pengen luluran pake bengkoang.”
“Oh oke deh kak.” kata Pia sambil nahan ketawa. Pia berlari kecil menuju motornya, dan segera menghidupkan motornya. Gw berbalik, berjalan menuju arah berlawanan.

Persis sesaat sebelum Pia tancap gas, dia tereak ke gw kenceng banged.
“Kak Alviin. G-STRINGNYA WARNA MERAAAAAAHHHH!!!! HAHAHAHAAAA…”

================================================

Written By : Chicko Handoyo Soe

Leave a Reply

