HERMES CAFE #4 : Black and White

The_Waiter_by_AleckJo

Menatap sosok dalam cermin, kemeja putih, celana katun hitam, cakeep cakep.. oops hampir lupa, sematkan nama di dada kiri

ALVIN
TRAINEE

Gwe melangkah keluar, dan siap buat melayani para pelanggan.

Yess, hari ini hari keenam gwe kerja disini, masih trainee. Bulan depan kalo gwe lolos masa training ini, gw bisa pake seragam waiter beneran, kayak yang lain. Oh, pasti seragam shocking orange itu bakalan kian benderang di atas kulit gwe yang terang ini. Ga heran lah, luluran udah jadi hal wajib seminggu dua kali, buat apaan? kepuasan pribadi. Haha!

Hmm, ntar malem pake lulur yang mana yaa, bengkoang, cendana, strawberry, apel, atau ko…

“Alvin!”
“Kopii!!”
“Apaan sih kopi kopi, ada orang tuh di meja sebelas!!”
Suara berbisik setengah berteriak itu milik Mbak Tiara, manajer kafe ini. Beliau sangat suka warna oranye, gak heran kan kenapa seragam waiter n waitress disini shocking orange?

Dengan langkah cepat namun gak keburu-buru gw menuju meja sebelas. Cowok, sendirian, ga punya pacar yah mas? kok sendirian?? Eh, tapi dia ganteng, mukanya familiar, kayak pernah liat di tivi atau dimana gitu yah, ow ow oww.. itu kan pacarnya mbak Tasyaa!! si vokalis band itu!! Tenang Alv!!

“Selamat sore Mas, mau pesan apa?”
Si cowok tampak kebingungan, baiklah Alv saatnya memamerkan pengetahuanmu tentang kopi jawa…
“Silahkan ini menunya. Menu andalan kami adalah kopi jawa. Kopi Jawa merupakan kopi terbaik di dunia lho mas…Ada yang tahu kenapa?Karena Curah hujan dan tingkat keasaman tanah di Pulau Jawa sangat cocok untuk budidaya kopi, bahkan jauh lebih baik dari kopi Amerika Latin dan Afrika. Makanya sistem budidaya kopi dan teh dipertahankan dalam saat pemerintahan kolonial Hindia Belanda….”
“Saya pesan Cold Frappachino” Hah!! kurang ajar, gw jelasin panjang lebar tapi dia gak dengerin!!!
“Ada lagi?”
“Tidak”
“Enngg….” Darahh!!! itu daraahh!!!
“ya? ada apa?”
“Maaf mas. Itu tangannya, berdarah. Apa mau saya ambilkan kain basah basah atau tissu?”
Dia beralih menatap tangan kanannya yang penuh darah dan hanya dibalut dengan sapu tangan gembel.
Dia mengangguk pelan “Jika ada, tolong kain basah saja”
Waduh, mas itu habis bunuh orang yah? ko darahnya banyak gituh??

Gak berapa lama setelah gw mengantarkan cold frappachino dan kain basah di meja enambeelas, datanglah segerombolan cewek berisik yang mengusik ketenangan kafe bergaya Art Deco ini. Damn!! Mereka lagih!!!!

Beberapa waktu lalu mereka datang, ya gw inget, terakhir mereka kesini ada tiga cowok di meja sebelas, satu mirip Limbad, satu lagi gaya salesman abis, dan satu lagi cowok cakep, yang ngabisin kopi jawa empat gelas. Kenapa gw inget, karena gw dikasi tip besar ama si cowok cakep maniak kopi jawa , dan juga karena si salesman nawarin gw masuk MLM!! BIG NOO!!!

Waktu itu, geng kecimpring lagi pada ngumpul buat ngehibur temennya yang baru putus cinta. Dan mungkin karena ngeliat gw yang masi trainee, perlakuan mereka nyebeliiinn banged ke gw, tapi itu dulu.. Sekarang mah udah biasa aja kok, soalnya mereka ngasih tip gede. Hehehe.

Dengan muka dimanis-manisin, gwe menghampiri ke arah mereka.
“Hot Jasmine Tea”
“Hot Capuccino”
“Vanilla latte 2″
“Cold Frappe”
“Ice Lemon Tea”
“Hot Chocolate”
Yakampun!! Bahkan gw belum nyapa mereka, mereka udah nyebutin pesenan mereka!! Dasar cewekk!!!

“Ada lagi mbak?”
Dan semua mengangkat tangan tanda TIDAK sama gwe. Ohh,, pembeli adalah raja, tapi bisakah kalian ngehargain gwe? kita sama-sama manusia gitu loh!!

Sedikit menggerutu gwe mengarah ke meja barista.
“Mbak Menur, ini pesenan cewek-cewek kecimpringan yang berisiknya minta ampun ituh. Belagu bener sih mereka.”
Mbak menur tertawa dan berkata “Kamu baru sih ya, mereka pelanggan setia kafe ini loh.”
“Oh ya?”
“Yep.” Tangannya lincah membuat berbagai jenis kopi yang dipesan oleh gank kecimpringan itu. “Udah dua taun mereka kalo ngumpul disini melulu, berisik sih, tapi royal loh, mereka suka ngasi tip gede.”
“Iya sih mbak, terakhir mereka disini, aku dapat tip gede.”
“Oh kamu masi inget hari itu?”
“Inget dong mbak, ada mas-mas cakep juga yang ngasi aku tip gede, yang mesen kopi jawa ampe lima cangkir itu loh.”
“Oh iya ya, yang temennya mirip Limbad itu, sama satu lagi si salesman, yakampun, masa aku ditawarin masuk MLM coba ama si Mas Dan Sapar itu!”
“Oh mbak juga? sangkain aku aja. betewe yang ngasi tip itu cakep loh mbak, buat mbak ajah.”
“Haha, kamu bisa ajah. Eh dia tu ternyata sobatnya Mbak Tasya loh.”
“Mbak Tasya temennya Mbak Tiara?”
Mbak Menur mengangguk, tinggal satu lagi pesanan genk kecimpring yang belum selesai dibuat.
“Aku kenal lah mbak, wong aku dapet kerja disini kan gara-gara dikasi tau Mbak Tasya. Sopirnya Mbak Tasya itu, Om aku, Om Fajar.”
“Oooh, si Nugros.”
“Iyah iyah… betul itu, mbak kok kenal?”
“Yaaa, dulu kita sempet deket siih, tapii….”
“tapi kenapaa??”
“Udah ah ngerumpi melulu, nih anterin pesenannya sanah…”
Senampan penuh berisi kopi beraneka macam, gwe bawa dengan hati-hati.

Mereka sedang membicarakan masalah cowok ketika gwe bagikan pesanan mereka.
“Iya, Asiah. Gimana hasil jampe-jampe dari tangannya Hermes?”
Si cewek kuning tersenyum penuh makna.
“Alhamdulilah, mulai kemarin aku sudah tidak jomblo lagi” ucapnya penuh malu.
“Siapa?? Siapaa??”
Herrrgghh,, berisik, biasa aja lah yaa….
“Syahrul..” si kuning malu-malu sambil nunduk.
Dan darah gw seketika tersirap dan hampir menumpahkan Ice Lemon Tea ke pangkuan salah seorang dari mereka.

“Syahrul si tomat??!!” kata gwe dengan nada terkejut…

==================================

Written By : Chicko Handoyo Soe

Leave a Reply

