Hermes For Charity 1 ‘Dari Kami Untuk Padang’

Tenda tempat belajar sementara - pic by Arif

This slideshow requires JavaScript.

Darmaina: “Kami di Lantai Tiga Sekolah, Saat Runtuh ke Lantai Dasar”

Padang – Darmaina, guru SMP Muhammadiyah 1 Padang tanggal 30 September 2009 yang lalu sedang bertugas sebagai guru yang masuk sore. Sekolah yang berada di kompleks masjid Ukuwah Muhammadiyah Simpang Haru Padang Timur itu memang harus membagi jadwal masuk siswanya menjadi dua, kelas pagi dan kelas sore. Ini karena sekolah tersebut memiliki 450 siswa yang harus berbagi kompleks pendidikan dengan SD Muhammmadiyah Simpang Haru dan SMK Muhammadiyah 1 Padang. 

Darmaina selepas mendampingi siswa-siswanya mengikuti jama’ah salat Ashar kembali ke kelas bersama siswa-siswa yang menjadi amanah sekolah tersebut di lantai 3 kompleks perguruan tersebut. “Kalau sore memang hanya SMP yang masuk, karena kami punya kelas pagi dan sore” terangnya. “Waktu itu ada sekitar tiga kelas yang berada di lantai 3” lanjutnya.

“Tiba-tiba bangunan bergoyang, meja sudah terbalik-balik, dan kami pada jatuh tertelungkup” kisahnya mengenang Gempa Bumi yang terjadi sore itu. “Saya sempat berdiri dan jatuh lagi, terus berdiri dan jatuh lagi….akhirnya saya berjalan merangkak” kisahnya kemudian.

“Yang mencengangkan, ketika saya membuka pintu kelas, kelas kami di lantai tiga sudah berada di lantai dasar, kami benar-benar tidak percaya” kisahnya. “Ada beberapa anak yang lari begitu ada goyangan gempa, ada yang meloncat dari lantai dua dan ada yang melorot melalui pipa air yang terpasang dari lantai tiga ke lantai satu” lanjutnya.

Darmaina mengenang kalau Gempa Bumi sore itu menyebabkan satu siswanya meninggal dunia karena tertimpa bangunan ketika berlari turun menyelamatkan diri. “Kami yang di dalam tiga kelas itu berjumlah sekitar seratusan lebih orang,dan kami merasakan bagaimana runtuhnya sekolah kami karena kami di dalamnya”lanjutnya. “Yang saya ingat saat itu debu reruntuhan bangunan sudah layaknya asap yang mengepul dimana-mana” kenangnya.

Saat ini anak-anak yang saat itu mengalami kejadian diatas belum semua masuk sekolah. “Mungkin masih trauma atau setidaknya berkabung mereka” terang Darmaina bersama Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Padang Armanusah, Kamis (15/10/2009) di lokasi sekolah darurat SMP tersebut yang terpaksa dipindahkan dari Simpang Haru ke Lubug Begalung, lokasi Kampus dua SMK Muhammadiyah 1 Padang.(arif).

sumber : www.mdmc.or.id

Artikel diatas adalah sepenggal cerita tentang Gempa Padang di tahun lalu. Cerita itu pula yang mendorong  The Hermes pada Oktober 2009 memulai menjual kompilasi Hermes For Charity Vol.1 dengan tujuan mengumpulkan dana bantuan. Dana yang terkumpul disepakati  akan dialokasikan untuk bantuan jangka menengah-panjang atau program recovery korban gempa padang.

Disela-sela proses penggarapan Hermes Charity Vol.2 beberapa waktu silam, The Hermes baru saja menyelesaikan urusan Hermes For Charity Vol.1.

tanda terima - pic by @dansapar

Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, The Hermes telah menyerahkan  uang hasil pengumpulan donator penjualan Hermes For Charity  vol. 1 sebesar Rp.2.300.000. Dana tersebut telah diserahkan ke Lembaga Penanggulangan Bencana PP Muhammadiyah dan telah diterima oleh sekretarisnya Arif Nur Kholis pada tanggal 22 November 2010.

Sesuai kesepakatan, The Hermes akan memberikan bantuan dalam bentuk buku. Hal ini sejalan dengan program PP Muhammadiyah yang sedang melakukan renovasi bangunan sekolah, termasuk perpustakaan. Inilah yang menjadi alasan penyerahan dana ke pihak PP Muhammadiyah baru dilaksanakan. Karena menunggu renovasi bangunan gedung  SMP Muhammadiyah  1 Kota Padang selesai.

Renovasi Gedung SMP 1 Muhammadiyah Padang - pic by Arif

Dana yang telah disalurkan melalui PP Muhammadiyah akan diteruskan dalam bentuk buku ke perpustakaan SMP tersebut. Waktu penyerahan bantuan tersebut, rencananya akan dilaksanakan bulan Desember (Karena saat ini LPB PP Muhammadiyah sedang berkonsentrasi untuk bantuan Merapi dan Mentawai)

Terimakasih banyak atas dukungan teman-teman The Hermes yang telah bersedia menjadi donatur di penjualan Hermes For Charity Vol.1. Semoga niat baik teman-teman sekalian selalu ada mengiringi perjalanan hidup kita. Tuhan memberkati.

Tak ada kata terlambat untuk berbuat baik. Membeli berarti peduli.

Comments
One Response to “Hermes For Charity 1 ‘Dari Kami Untuk Padang’”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Tahun lalu kami menyalurkan dana hasil penjualan E book Hermes For Charity Vol. 1 kepada PP Muhammadiyah. Dana yang terkumpul sebanyak Rp. 2.300.000 ini kami amanahkan langsung kepada PP Muhammadiyah untuk kemudian diwujudkan menjadi buku-buku pelajaran dan juga buku bacaan bagi teman-teman korban gempa tahun 2009 yang lalu. Berita lengkap tentang penyerahan dana ini bisa dibaca langsung pada tautan ini. […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: