[Catatan SocMedFest] Thankyou, Thankyou!

Sebenarnya mungkin sudah terlalu lambat bagi kami menuliskan post ini, tapi tak cukup rasanya jika tidak langsung menghaturkan rasa terimakasih kami kepada salingsilang.com, FX Senayan, panitia, juga teman-teman yang datang ke booth kami di acara Social Media Festival yang diadakan akhir pekan yang lalu.

Menyenangkan, satu kata itu rasanya sudah cukup menggambarkan bagaimana suasana Social Media Festival tanggal 22-24 September 2012 yang lalu. Beruntung sekali The Hermes menjadi salah satu komunitas yang dipilih untuk berpartisipasi meramaikan event ini. Menangkap kesempatan ini, beberapa meeting  kami adakan demi sebuah kemasan booth dan acara yang menarik. Ajakan demi ajakan untuk datang ke booth kami juga mulai dilancarkan lewat twitter dan facebook. Pada masa yang berdekatan, proses pengemasan Hermes E Novelette juga hampir selesai. Sehingga kami memutuskan untuk me-launch E Novelette terbaru tersebut di acara ministage event tersebut.

Behind The Booth

ki-ka: Rizki, Emmy, Galuh (making the media)

Sejak hari rabu malam, 4 Hermesian (Danang,Galuh, Emmy, dan Rizki) sudah standby di FX lifestyle centre -venue event Social Media Festival- untuk membuat kubus-kubus kecil yang di setiap sisinya bergambarkan kaver E Novelette yang pernah kami terbitkan sejak dua tahun yang lalu (dahulu disebut E Magazine). Kubus-kubus kecil ini mewakili setiap karya E Novelette yang pernah kami terbitkan tersebut.

Tak hanya itu, dengan kreatifnya mereka juga membuat scrap book profile dan guest book The Hermes dengan nuansa batik. Kesemua ini diharapkan dapat menyuguhkan sesuatu yang berbeda untuk teman-teman pengunjung dengan sajian yang tak melulu digital dan printed🙂

Souvenir-souvenir mulai dibuat untuk dibagikan bagi teman-teman yang ikut berpartisipasi pada games yang kami buat. Buku-buku karya Hermesian yang pernah diterbitkan oleh beberapa penerbit pun mulai dikumpulkan. Berbagai media kami hadirkan di booth untuk memudahkan pengunjung yang datang mengenal The Hermes lebih jauh lagi. Tak lupa kami juga menyediakan laptop untuk pengunjung yang ingin menyimpan langsung E Novelette terbaru (Hikayat Nusantara) pada device mereka masing-masing. Dari sana pula teman-teman bisa mendengarkan beberapa lagu karya Endy Daniyanto yang sudah dikumpulkan menjadi sebuah kompilasi VIVA! Hermesian.

Kami sangat antusias melihat begitu banyak pengunjung datang menghampiri booth kami. Dari yang hanya memperhatikan dari jauh, lalu berjalan mendekat sedikit membaca penjabaran pada x-banner, lalu dengan malu-malu membuka scrap book profile kami, sampai akhirnya mulai tanya-tanya dengan siapapun Hermesian yang sedang ada di sana. Sebelumnya, tentu saja mengisi buku tamu tersebih dahulu. Untuk teman-teman yang menuntaskan rasa penasaran mereka dengan berfoto di depan booth kami, langsung mendapatkan satu pin E Novelette Hikayat Nusantara, plus tentunya E Novelette nya itu sendiri. Lengkap bukan?😉

Behind The Ministage

( Launching E Novelette Hikayat Nusantara)

Nah! kalau acara di ministage ini sempat mengalami beberapa perubahan rencana. Awalnya kami juga ingin menampilkan acara pembacaan salah satu cerpen yang dimuat di Hikayat Nusantara dengan format semi-semi teatrikal. Tapi karena kemustahilan waktu untuk berkumpul dan berlatih (yah, kami pilih kata mustahil karena untuk menyamakan waktu kosong untuk rapat saja rasanya lebih dari susah :D), akhirnya agenda ini dicoret dari daftar acara.

Jia Effendie membacakan puisinya yang berjudul Lutung Kasarung

Lalu dibarengi dengan kemunduran waktu penerbitan E Novelette Hikayat Nusantara yang dijadualkan terbit pada pertengahan September, akhirnya kami jodohkan moment launching pada event ini. Pembacaan salah satu karya akhirnya jatuh pada kumpulan puisi Jia Effendie yang berkisah tentang hikayat Lutung Kasarung, Jia sendiri yang membacakan lansung puisinya tersebut.

Tak lengkap tentunya kalau kami tak menyertakan acara musik di panggung kecil tersebut. Artasya Sudirman dan Asyharul Fityan kembali ditunjuk menyanyikan tembang juara mereka “Satu Dalam Sejuta Hasta” yang banyak dikutip liriknya oleh mereka yang pernah mengunduh dan mendengarkan lagu ini. Menurut catatan, lagu ini juga menjadi lagu yang paling banyak diunduh dari sekian banyak soundtrack E Novelette The Hermes.

Artasya Sudirman dan Asyharul Fityan menyanyikan lagu Satu Dalam Sejuta Hasta

Acara pada ministage lantai F6 FX Jakarta itu berlangsung dengan meriah. Kekuatiran kami pada awal acara perlahan redam, begitu sedikit demi sedikit pengunjung berhenti sejenak melihat acara yang dipandu oleh Galuh dan Chicko. Tak sedikit dari mereka lalu memutuskan untuk tetap mengikuti acara sampai habis. Tak hanya itu, mereka juga (meski awalnya malu-malu) bersedia untuk ikut berpartisipasi pada games-games yang dilemparkan oleh Galuh dan Chicko. Setelah mendapatkan hadiah, mereka meng-update gambar mereka dengan hadiah dari kami pada status twitter mereka. Pada penutupan acara, ministage kembali ramai oleh teman-teman yang ikut bernyanyi bersama Tasya dan Djawa (Asyharul). Menyenangkan sekali.

Melalui posting ini, kami dari The Hermes menghaturkan terimakasih yang tak terhingga untuk seluruh penyelenggara dan pendukung acara Social Media Festival 2011 atas kesempatan yang sangat menarik ini. Juga untuk teman-teman yang sudah datang dan meramaikan booth dan acara kami di ministage lantai F6. Juga tak lupa tetangga booth kami dari @fiksimini, @pedemunegeRI dan @anjinggombal yang membuat suasana lantai F6 menjadi sangat meriah. Pengalaman ini sungguh tak akan terlupakan. Sampai jumpa di lain kesempatan.😉 SA

Salam,

* Untuk melihat hasil dokumentasi acara The Hermes pada Social Media Festival 22-23 September 2011 yang lalu, boleh langsung meng-klik tautan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: